Nissan All New Grand Livina Dealer Nissan Bandung

Nissan All New Grand Livina Eksterior Interior Performa

Nissan All New Grand Livina Eksterior Interior Performa | Nissan Grand Livina adalah yang termahal di kelasnya dengan rentang harga mulai dari Grand Livina 1,5 SV MT seharga Rp 179 juta sampai Grand Livina X-Gear 1,8 AT yang dibanderol Rp 260,5 juta. Tentunya, Nissan tidak akan berani menjual Grand Livina setinggi itu jika mobil ini tak jauh lebih baik dari para kompetiornya.

Eksterior Nissan All New Grand Livina

Sekilas tak banyak perubahan berarti yang dilakukan Nissan terhadap wujud Grand Livina. Tetapi sebetulnya banyak komponen eksterior Grand Livina yang mengalami pergantian. Wajahnya tampil lebih segar dengan grille depan baru yang bernuansa krom, bemper depan yang lebih agresif, lampu utama yang menyamping, serta kap mesinnya yang lebih menukik. Begitupun dengan bagian belakangnya yang kini memakai kaca belakang lebih besar, bemper belakang baru, dan lampu rem yang menyambung hingga ke pintu bagasi. Sementara itu perubahan di bagian sisinya hanya terlihat pada rumah lampu spion dan velg 15 inchi yang berdesain lebih menarik.

Perubahannya memang tidak terlalu radikal, bahkan pemilik Grand Livina lama bisa saja merombak total tampilan mobilnya menjadi seperti bentuk Grand Livina baru ini. Tetapi kalau Anda ingin mengganti lampu utamanya, maka anda juga harus mengganti kap mesin, bemper depan, dan panel fender sekaligus. Hal yang sama juga berlaku untuk bagian belakangnya.

Nissan All New Grand Livina Dealer Nissan Bandung

Ini bisa dilakukan lantaran model terbarunya ini masih berdiri di atas struktur yang sama dengan model lamanya yang hadir di Indonesia sejak tahun 2007. Walau begitu, paras Grand Livina ini masih tetap memiliki daya tariknya sendiri. Terbukti meskipun beberapa tahun belakangan ini Nissan mendatangkan mobil-mobil baru mereka yang cukup sukses seperti Nissan Juke, dan Nissan March, namun Grand Livina masih tetap menjadi tulang punggung penjualan Nissan di Indonesia.

Interior Nissan All New Grand Livina

Interior Grand Livina masih sama dengan model lamanya. Perbedaan signifikan terlihat dari warna dashbor yang kini mengadopsi tema two-tone. Itupun untuk tipe Grand Livina X-Gear menggunakan interior serba hitam untuk memberi kesan sportif. Perubahan lainnya yang mencolok adalah desain lingkar kemudinya yang sama dengan milik Nissan Murano hanya saja pada Grand Livina belum dilengkapi kontrol audio. Terakhir, cluster meter kini sudah dilengkapi dengan layar informasi digital yang dapat menampilkan catatan konsumsi bahan bakar, dan berbagai informasi lainnya. Selebihnya masih serupa dengan Grand Livina terdahulu.

Nissan All New Grand Livina Dealer Nissan Bandung

Tipe tertingginya yaitu Grand Livina Highway Star sudah memakai jok kulit. Seluruh tipe Grand Livina X-Gear juga telah dilengkapi sistem multimedia 2-DIN layar sentuh berukuran 6 inchi. Sementara itu Grand Livina tipe SV dan XV masih memanfaatkan audio single DIN. Meskipun begitu, audionya ini dapat memutar DVD yang gambarnya ditampilkan oleh monitor atap. Jujur saya lebih suka Nissan menghadiahkan konsumennya dengan monitor ini ketimbang menempelkan penyejuk kabin tambahan. ‘Toh’ untuk kabin belakang sudah disediakan lubang ventilasi AC yang terdapat pada konsol tengah dan di depan baris kedua yang cukup memadai.

Langkah kurang populer inipun diambil bukan tanpa dasar pertimbangan teknis. Nissan mengaku bila mereka menanamkan AC double blower di atap, maka tentunya atapnya harus diposisikan lebih tinggi. Menurut mereka, cara ini dapat mengurangi nilai hambatan angin yang membantu efisiensi bahan bakarnya. Ya, Grand Livina adalah mobil dengan dimensi dan ground clearance yang paling rendah di kelasnya.

Konstruksinya yang rendah memiliki nilai baik dan buruknya. Baiknya, ground clearance yang rendah memudahkan akomodasi keluar masuk barang kedalam bagasi. Namun sewaktu pengujian di pulau Dewata Bali yang banyak melakukan pemberhentian di beberapa destinasi wisata, kepala saya kerap terbentur dengan bagian pilarnya ketika ingin masuk kedalam kabin. Selain itu, posisi berkendaranya pun menjadi lebih rendah. Untungnya dasbor Grand Livina juga rendah, sehingga bidang pandangnya masih sangat baik.

Performa Nissan All New Grand Livina

Mesin yang digunakan oleh All New Nissan Livina ini pada dasarnya adalah mesin yang sama dengan mesin Livina sebelumnya. Tetapi untuk edisi tahun 2013 ini, mesin HR15DE miliknya telah mengalami penyempurnaan dengan dual injector dan twin VTC untuk saluran ‘intake’ dan ‘exhaust’. Tenaga dan torsi puncaknya memang masih tetap pada 109 hp / 5.600 rpm dan 146 Nm / 4.000 rpm.

Grand Livina juga masih menghadirkan tipe X-Gear. Hanya bedanya, Grand Livina X-Gear kali ini tidak lebih pendek dari Grand Livina seperti sebelumnya. Tetapi X-Gear kali ini cuma mendapatkan perubahan kosmetik khusus untuk meningkatkan tampilanntya agar terlihat lebih cocok untuk berpetualang pada bemper depan, grille depan, bemper belakang, dan side skirt berwarna hitam, plus tambahan roof rail yang mampu menampung beban seberat 100 kg.

Untuk mendukung peruntukannya yang lebih ‘adventurous’ ini, Nissan menawarkan pilihan mesin 1,8 liter yang dipadukan dengan transmisi manual 6 speed ataupun otomatis 4-speed hanya untuk Grand Livina X-Gear. Mesinnya ini mampu menggelontorkan tenaga sebesar 126 hp / 5.200 rpm sehingga lebih dapat diandalkan untuk digunakan berpergian ke luar kota.

Keamanan Nissan All New Grand Livina

Mobil ini kali ini telah dilengkapi dengan sejumlah peranti keselamatan dan kenyamanan. Tipe tertinggi Grand Livina (Highway Star) kini telah dilindungi oleh dual SRS Airbag. Seluruh tipe kecuali SV sudah didukung rem ABS, EBD, danBA, sabuk pengaman dengan pretensioner, dan parking sensor. Bahkan untuk varian X-Gear 1,8 AT sudah dilengkapi dengan kamera parkir.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya. Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami Langsung di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Atau Klik Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | otosentrum.com
1. Alia April
2. Arief Septyoaji
3. Bayu Aji Ramadhan
4. Gilang Gumilar
5. Muhamad Isa Wahyu
Posted in Grand Livina, News and tagged .